Rabu, 12 Januari 2022

25 pertanyaan yang biasa di gunakan untuk melakukan audit website

 

 Pertanyaan tentang Audit Website

1.     Apakah menu navigasi website Anda mudah ditemukan dan mudah digunakan?

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah dalam menu navigasi yang dibuat akan mudah ditemukan dan fleksible dalam penggunannya.

2.     Sudahkah Anda mendefinisikan (atau apakah Anda menggunakan) skema warna di website Anda untuk konsistensi brand Anda?

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaa tersebut adalah dalam penggunaan brand pada website akan dapat terkonsistensi.

3.     Apakah tipografi dan font website Anda mudah dan enak dibaca?

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah dalam penggunaan bentuk pada font pada website akan mudah dan nyaman untuk pembaca.

4.     Apakah Anda menggunakan gambar berkualitas tinggi di website Anda?

Penjelasan:

Dalam website yang dibuat akan menggunakan gambar-gambar yang memiliki kualitas tinggi. Misalnya penggunaan gambar HD.

5.     Apakah keseluruhan desain website Anda sesuai dan konsisten dengan brand bisnis Anda?

Penjelasan:

Pada keseluruhan desain website akan sesuai dengan brand yang akan kalian jalankan.

6.     Apakah website Anda mobile friendly dan responsive?

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah website yang dirancang akan bersahabat atau cocok dengan perangkat mobile (hp) dan cepat merespon.

7.     Sudahkah Anda mendefinisikan dengan jelas tujuan setiap halaman dari website Anda?

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah setiap-setiap halaman pada website yang dirancang memiliki tujuan-tujuan yang jelas.

8.     Apakah Anda memiliki tombol CTA yang efektif di semua halaman website Anda?

Penjelasan:

Tombol CTA adalah sebuah elemen interaktif dalam sebuah website maupun aplikasi – biasanya digunakan untuk membujuk pengguna agar mengambil suatu tindakan yang dapat menghasilkan konversi bagi halaman tertentu seperti halaman pembelian, kontak,berlangganan,dan sebagainya. Maka dari itu apakah CTA sangat efektif untuk website yang anda rancang.

9.     Apakah Anda memiliki landing page yang bisa untuk membangun database email?

Penjelasan:

Maksud dari Landing Page adalah sebuah halaman khusus yang menjadi tujuan user dan berisi informasi lebih detail dan spesifik tentang produk, service, penawaran, dll. 

10. Apakah halaman ABOUT menjelaskan masalah yang Anda selesaikan secara sederhana dan mudah dimengerti oleh pembaca?

 

 

Penjelasan:

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah halaman about (tentang) isi website harus dapat mudah dimengerti oleh pembaca .

11. Apakah konten Anda jelas dan mudah dimengerti serta membuat audiens Anda merasa berada di tempat yang tepat?

Penjelasan:

Dalam pembuatan konten pada website harus mudah dimengerti oleh audiens atau pembaca karena itulah salah satu tujuan website tersebut dirancang.

12. Sudahkah Anda mendefinisikan siapa pembaca atau pengunjung website Anda?

Penjelasan:

Untuk membuat website, kita harus telah menargetkan siapa saja pembaca yang cocok untuk website kita.

13. Sudahkah Anda mendefinisikan “bagaimana” wesite Anda bisa melayani pengunjungnya?

Penjelasan:

Sebelum kita merancang website tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana website kita melayani atau menservis pembaca atau audiens.

14. Apakah website Anda memiliki pesan pemasaran yang menarik yang disesuaikan dengan pengunjung website Anda?

Penjelasan:

Agar pembaca atau audiens tidak bosen, maka kita harus pintar dalam menampilkan pasar semenarik mungkin.

 

15. Apakah form opt-in Anda ditampilkan secara jelas di webiste Anda?

Penjelasan:

Maksud dari form opt-in adalah pintu gerbang email yang didaftar atau email marketing.

16. Apakah form opt-in Anda dengan jelas memecahkan satu masalah orang-orang yang mengunjungi website Anda?

Penjelasan:

Dalam sebuah website, form opt-in harus dapat memecahkan (setidaknya 1) masalah pembaca atau audiens.

17. Sudahkah Anda membuat sales funnel untuk mengubah pengunjung menjadi subscribers?

Penjelasan:

Maksud dari Sales Funnel adalah rangkaian strategi untuk membawa pengunjung benar-benar melakukan pembelian.

18. Apakah Anda memiliki rencana untuk mengarahkan traffic dan pengunjung ke situs web Anda?

Penjelasan:

Dalam website, kita dapat mengarahkan arus pengunjung yang telah mengunjungi website yang kita telah rancang tersebut.

19. Apakah Anda memiliki sistem untuk melacak perilaku pengunjung dan interaksi di situs Anda?

Penjelasan:

Dalam website, kita dapat mengetahui perilaku dan berinteraksi dengan pengunjung website kita (Contoh Google Analytics, Facebook Pixel, Hotjar dll).

20. Sudahkah Anda secara jelas mendefinisikan hasil yang Anda inginkan dari website Anda?

Penjelasan:

Dalam merancang website, kita harus ketahui terlebih dahulu hasil akhir dari perancangan website kita nanti (website yang kita inginkan).

21.    Apakah Anda memiliki plugin atau sistem keamanan untuk melindungi webiste Anda dari hacker?

Penjelasan:

Agar hacker atau peretas tidak mudah masuk ke website, kita harus memiliki sebuah plugin yang dapat menangkal hal tersebut.

22.    Sudahkah Anda menghapus pengguna default ( seperti admin, administrator, adminweb dll) di website Anda

Penjelasan:

Kita harus menghapus default admin dan lainnya agar tidak mudah dimasukin oleh orang tidak dikenal

23.    Apakah Anda menggunakan password dan username yang kuat untuk mengamankan website Anda?

Penjelasan:

Untuk mengamankan website agar lebih aman, ada baiknya kita gunakan password dan username. Hal itu dapat memperkecil peretasan dalam website.

24.    Apakah Anda memiliki sistem cadangan jika situs Anda di hack?

Penjelasan:

Kita harus memiliki sistem cadangan, agar hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya hacker meretas website kita.

 

25.    Apakah Anda memiliki sistem anti-spam?

Penjelasan:

Agar website anda tidak banyak sampah-sampah lebih baik gunakan sistem yang dapat menangkalnya, misalnya menggunakan Spamhaus Block List (SBL).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar